Feedback Assessment Center

Feedback hasil assessment center merupakan langkah tindak lanjut dari assessment center yang mendukung program pengembangan SDM. Feedback berbeda dengan assessment center pada tujuannya yang lebih pada pengembangan para peserta daripada memberikan data kepada organisasi sebagai dasar keputusan untuk seleksi, penempatan dan promosi. Asumsi program feedback ini adalah bahwa assessment center saja tidak cukup untuk memotivasi dan memberdayakan peserta dalam mengembangkan kompetensinya. Oleh karena itu, feedback diperlukan untuk menindaklajuti hasil assessment center.

Assessment center dapat dikaitkan dengan feedback dan development sebagai sistem terintegrasi dan koheren untuk pengelolaan SDM. Artinya, hasil penilaian (assessment) perlu ditindaklanjuti dengan pengembangan (development). Dengan demikian, Assessment center, feedback dan development dapat dijadikan sistem dan prosedur untuk mengidentifikasi, menilai dan mengembangkan kompetensi SDM berdasarkan prinsip-prinsip the right people in the the right places at the right times.

Assessment center, feedback dan development sebagai sistem yang terintegrasi, sejak awal dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pegawai sehingga kebutuhan pelatihan dan pengembangan dapat diketahui. Dengan demikian, aktivitas-aktivitas pelatihan dan pengembangan dapat lebih difokuskan pada aspek kebutuhan atau kelemahan dari pegawai tersebut.

 
Persipan feedback :
 
Proses feedback :

Membuka sesi feedback dengan menjelaskan tentang :

Masuk sesi feedback dengan memberikan saran pengembangan sesuai dengan target level kompetensi yang telah ditetapkan dengan tahapan sebagai berikut :
Menutup sesi feedback :
 
Paska feedback :